Selasa, 03 Maret 2015

Belajar Gitar

Belajar Memainkan Gitar
(Dasar Bermain Gitar)

Kali ini saya ingin berbagi tentang pengalaman saya dalam belajar gitar. Pertama kali saya tahu tentang gitar adalah saat masih duduk di bangku SD sekitar tahun 2004 atau 2005. Saat itu saya sedang berada di tempat saudara yang sedang memainkan gitar, kemudian bertanya tentang bagaimana cara memainkan. Dia mengajarkan tentang kunci dasar dalam bermain gitar dan saya mengikutinya.
Kala itu sedang ada booming lagu dari peterpan, dan saya menanyakan tentang cara memainkan lagu Semua Tentang Kita. Dia memainkannya dan saya takjub, berkata dalam hati “kok bisa?” kemudian saya mengikuti cara tersebut, namun karena saya tidak bisa sama sekali, jadinya ya blepotan, atau bahasa di tempat saya adalah ora kanjat. Karena waktu itu adalah pertama kali saya memegang gitar, kemudian kulit jari jari tangan saya sakit semua, atau bahasa di tempat saya Kapalen. Kemudian saya tidak jadi belajar bergitar karena jari saya sakit.
Setelah saya berada di bangku SMP, tahun 2006, saya berpikir kembali untuk belajar bergitar. Ternyata di SMP, saya bertemu dengan banyak teman yang bisa bermain gitar. Setelah saya tanya satu persatu dari mereka, tak satupun yang mengatakan bahwa jari mereka tidak sakit saat pertama belajar gitar. Kemudian timbul semangat saya untuk berlatih gitar.
Itu sedikit pengantar tentang pengalaman saya belajar gitar. Selanjutnya, kita masuk pada langkah-langkah untuk belajar dasarnya. Dibawah ini nanti, saya akan membagikan cara-cara yang telah saya lakukan dan saya kumpulkan yang saya anggap paling efektif dari yang pernah saya lakukan.

1. Atur Nada Senar Gitar
Sebelum memainkan gitar, perlu untuk mengatur nada dari setiap senarnya. Di tempat saya ada yang mengatakan stem atau stel. Nada standard dari masing-masing senar gitar adalah E-A-D-G-B-E yang bisa diurutkan mulai dari atas atau senar yang paling besar. Kalau urutan berdasarkan nomor adalah sebaliknya dari bawah yaitu 1-2-3-4-5-6. Berarti senar 1 berbunyi E, senar 2 bunyinya B, senar 3 bunyinya di nada G, dst.
Pada gitar ada yang disebut fret atau kolom yaitu kolom kolom yang ada dalam gitar yang dibatasi oleh besi yang disebut grip. Jumlahnya beragam tergantung jenis gitarnya. Ada yang jumlahnya 15,17,21,23,24, bahkan 27. Untuk gitar akustik biasanya jumlahnya antara 17-21. Setiap kolom tentu nadanya berbeda beda pula
Untuk menyetel nada tersebut, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara manualnya bisa dilakukan dari senar paling atas dulu, ataupun paling bawah. Kalau anda akan melakukannya dari bawah, berarti bisa dimulai untuk menyetel senar nomor 1. Kalau belum tau patokan nada E pada senar nomor 1, anda bisa menggunakan patokan dari lagu. Kalau saya lebih mudah lagunya Blink 182 yang  berjudul M&Ms saat pertama masuk nada gitar. Jika anda tau lagu itu, anda akan maksud. Jika tidak, silahkan cari sendiri lagu tersebut dan dengarkan. Itu adalah bunyi nada E pada senar 1.
Selanjutnya untuk menyetel senar nomor 2 adalah dengan menyamakan bunyi  senar nomor 1 dengan bunyi senar nomor 2 pada kolom ke 5. Jadi, tempatkan jari di senar 2 pada kolom ke-5 kalau bunyinya sama dengan senar nomor 1, berarti itu sudah benar.
Untuk menyetel senar nomor 3 adalah dengan menempatkan jari pada kolom ke 4 pada senar 3 yang kemudian bunyinya disamakan pada senar nomor 2. Jika sudah sama, tinggal atur nada senar nomor 4 yaitu dengan menempatkan jari kita pada kolom ke 5 pada senar nomor 4 yang kemudian disamakan pada bunyi senar nomor 3. Begitupun senar nomor 5 dan 6 caranya sama yaitu dengan menempatkan jari pada kolom ke 5 dan samakan bunyi senar pada senar nomor sebelumnya.
Jadi dari cara mengatur nada tersebut, yang berbeda hanya pada saat mengatur senar nomor 3 yaitu pada kolom 4, sedangkan yang lain adalah kolom ke-5.

2. Belajar Chord atau Kunci gitar.
Setelah senar disetel dengan benar sesuai nada standard, kini telah bisa dimainkan. Jika belum bisa memainkan kuncinya, berarti perlu belajar terlebih dahulu (yaiyalaah haha :D)
Kalau kita lihat para gitaris profesional, mereka terlihat sangat lihai dalam memainkan kunci-kunci. Kita melihatnya seperti asal dalam menempatkan, karena begitu mudahnya mereka melakukannya. Tetapi jika anda nantinya sudah terbiasa dengan gitar, telah biasa memainkan gitar ya bisa juga seperti mereka mereka.
Ada 7 kunci dasar yang biasa dipakai dalam memainkan lagu yaitu A, B, C, D, E, F, G. Di dalam setiap sela, atau antara kunci 1 dengan yang lain ada kunci yang disebut # atau saya bacanya Kres. Jadi misalkan antara kunci F dan G ada kunci yang disebut F# atau F Kres. Dalam setiap kunci juga ada yang namanya mayor dan minor. Misalkan kunci A, ada yang namanya A mayor juga A minor yang keduanya sudah tentu berbeda bunyinya.
images from : http://cara-belajargitar.blogspot.com/2013/08/belajar-chord-gitar-dasar-mayor.html

Untuk memainkan kunci A, tempatkan jari jari anda pada 3 senar berikut ini. Yaitu jari telunjuk pada senar 4 kolom 2, jari tengah pada senar 3 kolom 2 juga, kemudian jari manis pada senar 2 kolom 2 pula. Lebih jelas seperti di gambar. Apakah harus jari tersebut yang ditempatkan di masing-masing kolom? Tidak juga. Namun untuk mempermudah ya begitu caranya, karena nantinya kita tidak memainkan hanya 1 kunci, namun ada perpindahan.
Selanjutnya adalah A minor. Yang membedakan adalah pada senar 2 yaitu jika mayor pada kolom ke 2, minor adalah pada kolom pertama. Namun susunan jarinya berbeda, yaitu jari tengah pada senar 4 kolom 2, jari manis pada senar 3 kolom 2, dan jari telunjuk pada senar 2 kolom 1. Tinggal diganti saja.
Oh iya, untuk mengecek apakah kunci itu sudah benar, silahkan dipetik setiap senar mulai dari atas hingga ke bawah. Dipetik ya bukan di genjreng. Jadi satu persatu senar di cek apakah sudah membentuk nada atau belum. Kalau masih berbunyi dep dep (IYKWIM) atau seperti bedug :D berarti belum betul. Lakukan hingga benar-benar semua berbunyi. Jika ada yang tidak berbunyi, mungkin kulit jari yang lain ada yang menyentuh senar.
Selanjutnya adalah Kunci B yaitu dengan menempatkan jari dengan posisi sebagai berikut. Jari telunjuk pada senar 5 kolom 2 dan senar 1 kolom 2. Maksudnya adalah ujung jari menekan senar 2 dan bagian bawahnya menekan senar 1. Kemudian jari tengah pada senar 4 kolom 4, jari manis pada senar 3 kolom 4 dan jari kelingking pada senar ke 2 kolom 4. Untuk memainkan B pada nada minor, perbedaan letak jarinya yaitu jari manis pada senar 4 kolom 4, jari kelingking pada senar 3  kolom 4, dan jari tengah pada senar 2 kolom 3.
Selanjutnya untuk memainkan kunci C, anda bisa meletakkan jari manis anda pada senar 5 kolom 3, jari tengah pada senar 4 kolom 2, dan jari telunjuk pada senar 2 kolom 1. Untuk memainkan C minor ada perbedaan yang cukup lumayan. Seperti kunci B minor, hanya saja ditambah 1 kolom. Yang tadinya di kolom 2 menjadi 3, yang tadinya kolom 4 menjadi 5. Saya harap anda mengerti.
Selanjutnya adalah kunci D. Untuk memainkannya, tempatkan jari telunjuk pada senar 3 kolom 2, jari manis pada senar 2 kolom 3, dan jari tengah pada senar 1 kolom 2. Untuk kunci D minor, perbedaannya adalah jari tengah pada senar 3 kolom 2, jari manisnya sama yaitu pada senar 2 kolom 3, kemudian jari telunjuk pada senar 1 kolom 1.
Selanjutnya untuk memainkan kunci E, anda bisa menggunakan 3 jari anda. Letakkan jari tengah pada senar ke 5 kolom2, jari manis pada senar 4 kolom 2, dan jari telunjuk pada senar 3 kolom pertama. Untuk memainkan kunci E minor, anda tinggal melepaskan pencetan jari telunjuk anda. Ini berarti pada E minor hanya ada 2 jari yang memencet senar yaitu jari tengah dan jari manis.
Selanjutnya adalah kunci F. Bahasa saya saat awal belajar gitar ada F besar dan F kecil. F besar adalah F yang dimainkan dengan semua titik kita pencet, F kecil adalah hanya dengan menggunakan 3 jari saja. Caranya adalah dengan menempatkan jari manis pada senar 4 kolom 3, jari tengah pada senar 3 kolom 2, dan jari telunjuk pada senar 2 kolom 1.
Untuk memainkan F pada semua titik, bisa dilakukan dengan menempatkan jari telunjuk pada senar 6 kolom 1, tetapi bagian bawah jari telunjuk tersebut menekan senar 2 kolom1 dan senar 1 kolom 1, kemudian jari manis pada senar 5 kolom3, jari kelingking pada senar 4 kolom 3, dan jari tengah pada senar 3 kolom 2.
Untuk memainkan F minor adalah dengan melepaskan jari tengah yang kemudian bunyinya diganti dari hasil tekanan jari telunjuk pada kolom pertama senar ketiga.
Yang terakhir, untuk memainkan kunci G adalah, tempatkan jari manis pada senar 6 kolom 3, kemudian jari tengah pada senar 5 kolom 2 dan jari kelingking pada senar 1 kolom 3. Untuk memainkan kunci G pada minor caranya sama dengan kunci F minor hanya saja semua ditambah 2 kolom ke depan. Yaitu yang tadinya di kolom 1 menjadi kolom 3, yang tadinya di kolom 3 menjadi kolom 5 dst.
3. Berlatih dengan Lagu.
Setelah anda mengetahui kunci-kunci yang ada, kini saatnya anda aplikasikan pada lagu. Pertama sebelum anda memainkan, jika anda masih baru dalam bermain gitar pilihlah lagu yang 1. Anda menyukainya, 2. Kunci kuncinya mudah 3. Tempo dan pergantian kuncinya tidak terlalu cepat.
Saat pertama saya belajar gitar dulu saya memainkan lagu dari Peterpan – Mimpi yang sempurna atau lagunya Ungu – Demi Waktu. Karena perpindahan kuncinya tergolong tidak sulit yaitu mimpi yang sempurna hanya pada E minor-C-G-D diulang terus sampai lagu selesai. Juga lagu Ungu – Demi waktu yang hanya di kisaran Kunci C-A minor-F-G.
Kesulitan memainkan kunci pada pemula biasanya pada kunci B, F, C minor, G minor. Mainkan lagu-lagu yang kuncinya sederhana terlebih dahulu sampai tangan anda kiranya luwes atau lemes, tetapi bukan lemah ya, ini berbeda. Jika sudah bisa, anda bisa aplikasikan ini pada lagu lain yang kuncinya berbeda lagi.

Oke Sampai disini dulu ya, selanjutnya akan saya bagikan lagi di lain kesempatan. Selamat berlatih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar