Jumat, 06 Maret 2015

Jenis-Jenis Rumput Lereng Selatan Gunung Slamet

Jenis-Jenis Rumput

Rumput merupakan tumbuhan yang hidup di sekitar kita baik di sawah, kebun, pekarangan rumah, maupun pinggir jalan. Biasanya orang menyebutnya sebagai tumbuhan pengganggu karena rumput tersebut tidak diharapkan keberadaannya. Walaupun sebenarnya rumput bisa menjadi teman, asalkan kita mau memanfaatkannya. Saat ini malah banyak rumput yang sengaja ditanam oleh orang.
Berbicara tentang rumput, kali ini saya akan membagikan tentang jenis-jenis rumput yang ada di sekitar tempat tinggal saya, yaitu desa Ketenger yang berada di lereng selatan gunung Slamet. Selain itu, ini akan saya sajikan berdasarkan nama di daerah saya tinggal.
1. Kuningan

Kuningan merupakan rumput yang biasa dan dengan mudah dijumpai disini. Bentuk daunnya lonjong berwarna hijau serta ada semacam gerigi di pinggirannya. Rumput ini mempunyai bunga berwarna kuning seperti matahari. Itu kenapa disini rumput ini dinamakan kuningan.
Rumput kuningan bisa dijumpai di banyak tempat mulai dari tempat dengan sinar matahari yang penuh, sampai tempat yang rindang. Mulai dari tempat yang basah sampai tempat yang kering sekalipun. Rumput ini juga bisa hidup di air.
2. Jampang

Rumput Jampang, itulah sebutan untuk rumput ini. Biasanya ada di tempat yang banyak sinar mataharinya. Bentuk daunnya panjang meruncing berwarna hijau, serta memiliki bunga yang panjang dan berbatang kecil serta bercabang membentuk huruf Y.
Rumput jampang banyak dijumpai di kebun-kebun dan biasanya juga dibarengi dengan tumbuhnya rumput lain di sekitarnya. Rumput ini bisa dimanfaatkan sebagai makanan ternak
3. Sandikrama

Sandikrama merupakan jenis rumput besar yang ada disini . Bentuk daunnya lonjong dan cukup panjang, serta memiliki batang yang cukup besar serta keras, apalagi kalau sudah tua. Tinggi rumput ini bahkan bisa mencapai 2 meter.
Sandikrama merupakan rumput tinggi yang biasanya hidup di semak-semak. Biasanya setiap semak baik itu di kebun maupun pinggiran hutan pasti ada rumput ini. Rumput ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak.
4. Bathokan

Bathokan, atau disebut dengan nama lain di daerah yang lain juga, merupakan rumput jenis sedang. Bentuk daunnya panjang meruncing serta ada bulu-bulu putih bening di sepanjang batang dan daunnya. Ada garis garis yang membentang di setiap daun dari pangkal daun sampai ujung daun.
Rumput ini biasanya dijumpai di daerah yang cukup kering dan memiliki pencahayaan matahari yang banyak. Biasanya tempat perkebunan palawija merupakan tempat favorit tumbuhan ini. Bathokan juga merupakan rumput yang bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Banyak orang percaya bahwa rumput ini merupakan makanan favorit bagi kelinci.
5. Gambasan

Gambasan, dimana ada semak, disitu biasanya ada rumput ini. Daunnya membentuk seperti hati dengan bagian pinggir yang bergerigi serta ujung yang melancip. Tumbuhan ini merupakan jenis rumput yang merambat, sehingga membutuhkan tanaman yang lebih tinggi untuk menjadi tempatnya merambat. Panjangnyapun bisa mencapai puluhan meter, bahkan mungkin ratusan meter.
Meskipun gambasan bukan merupakan tumbuhan parasit, namun keberadaanya yang merambati tumbuhan di sekitarnya membuatnya menghambat pertumbuhan tanaman lain, karena menutupi tanaman yang dirambatinya. Untuk mengatasinya, potong bagian paling dasar dari gambasan dan bagian lain yang berada di atasnya akan mengering dan mati.
Oh iya, rumput ini juga bisa dimanfaatkan untuk makanan ternak. Ikan juga sangat menyukai rumput ini.

Sekian dulu ya coretan tentang jenis rumput kali ini. Sebenarnya masih banyak tumbuhan rumput yang lain yang jumlahnya ratusan. Lain kali akan saya bahas lagi sob.




3 komentar:

  1. Mas nama lain dari rumput gambasan apa ya?? Atau nama ilmiahnya... Terima kasih

    BalasHapus
  2. The Rooftop Slot Machines - Mapyro
    The 용인 출장안마 Rooftop Slot Machines. 3131 W 제주 출장마사지 Charleston Blvd, 구리 출장샵 South 청주 출장샵 Charleston, CT 06382. (860) 862-7100. (860) 군포 출장샵 862-7100.

    BalasHapus