Rabu, 11 Maret 2015

Panen Cesim Super

Panen Cesim Super

Cesim atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut Caisim atau juga Sawi Hijau, merupakan jenis sayuran yang cukup mudah kita jumpai di berbagai tempat di Indonesia. Semua orang yang pernah makan mie ayam pasti tau seperti apa itu cesim dan bagaimana rasanya.

Berbicara tentang cesim, saya ingin membagikan aktifitas saya sekitar 1,5 tahun yang lalu, yaitu panen Cesim. Setelah ditunggu selama hampir 2 bulan, tak disangka-sangka ternyata ada Cesim yang super. Itu karena ukurannya sangat besar dan lebih besar dibanding cesim pada umumnya.

Biasanya cesim pada umumnya hanya mempunyai berat rata-rata 100 gram per pohon, bahkan kurang. Tetapi lain dengan cesim yang saya panen pada waktu itu. Dengan perawatan yang cukup ini, cesim mampu mencapai berat 2kg per pohonnya.

Gambar di samping merupakan foto ayah saya sepulang dari ladang, memegang sawi hijau atau cesim dengan berat 2kg. Ya, Ukuran ini bagi saya adalah ukuran super besar, karena pengalaman sebelumnya, cesim yang pernah saya panen ukurannya tidak sebesar itu. Beratnyapun hanya berkisar antara 200-800gram. Itupun ada yang masih kecil sudah berbunga.

Itu saja sih cerita panen cesim pada waktu itu yang baru sempat saya bagikan. Untuk lebih jelasnya tentang cesim ataupun step by step dalam menanam akan saya bagikan lain kali. Yang jelas, kali ini saya hanya ingin membagikan tentang cesim yang super ini :D.

Itu merupakan aktifitas lama saya, walaupun sampai sekarangpun masih bergulat pada aktifitas bertani, tetapi jarang-jarang untuk pergi ke ladang membawa alat dokumentasi. Lain kali akan saya bagikan lagi tentang kegiatan saya yang satu ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar