Kamis, 05 Maret 2015

Latihan Jari Agar Lancar Memainkan Melody


Step By Step Untuk Memainkan Melody
(Latihan Kelancaran Jari Saat Memainkan Gitar)



Hallo Semua, kali ini saya akan berbagi tentang step by step untuk berlatih jari agar bisa memainkan melody dalam bergitar. Memainkan melody atau solo biasanya adalah hal yang sangat diidamkan para gitaris untuk bisa mencapainya. Untuk itu saya akan membagikan langkah-langkahnya.
Sebelum berlatih ini, tentunya sobat semua harus tau tentang kunci-kunci dalam gitar. Jika belum, baca postingan saya sebelumnya.
Langsung saja, inilah langkah-langkahnya.

1. Latihan Picking
Pada melody atau solo gitar biasanya identik dengan picking. Picking merupakan cara untuk memetik gitar satu senar menggunakan pick atau juga ada yang menyebutnya stokel. Biasanya pada gitaris pemula masih kaku dalam ini dan memetiknya hanya ke satu arah. Memang awalnya sulit tapi kalau sudah terbiasa akan terlihat hasilnya.
Teknik untuk melakukan latihan picking adalah dengan memetiknya keatas dan ke bawah pada satu senar. Untuk berlatih ini, latihlah tangan kanan anda untuk memetik salah satu senar gitar ke atas dan kebawah secara terus menerus. Pada awal latihan, lakukanlah dari gerakan yang paling pelan, kemudian jika sudah terasa lancar dan seimbang, atur untuk menambah kecepatan picking. Lakukanlah teknik ini dari yang paling pelan sampai yang paling cepat dengan memperhatikan keseimbangan dan akurasi.

2. Latihan Fingering
Fingering atau dalam latihan kalau saya menyebut adalah senam jari. Ini adalah gerakan yang dilakukan pada jari-jari tangan kiri menekan senar bersamaan dengan picking yang dilakukan oleh tangan kanan. Pada senam jari, akan terasa kaku oleh seorang pemula, namun ya itu tadi. Jika kita terbiasa, pasti akan bisa.
Sebelum melakukan fingering ini, sobat bisa melakukan pemanasan diluar arena :D. Caranya adalah dengan menggerak-gerakkan jari-jari ke atas dan kebawah secara bergantian. Kalaupun tidak, juga tidak apa-apa.
Untuk berlatih fingering atau senam jari ini, yang pertama dilakukan adalah fokus mulai dari satu senar terlebih dahulu. Maksudnya adalah menekan secara bergantian pada satu senar misalkan pada senar 1 kolom 3-4-5 dst. Latihannya sama seperti picking yaitu dari yang paling pelan sampai yang paling cepat dengan memperhatikan keseimbangan antara tangan kanan dan jari-jari pada tangan kiri.
Jika pada satu senar sudah lancar, sobat bisa berlatihnya pada semua senar secara berurutan dan bergantian tentunya. Sama seperti sebelumnya, mulailah dari yang paling pelan terlebih dahulu atau sesuai kemampuan awal, barulah naikkan kecepatan sedikit demi sedikit. Untuk lebih tepat dalam kecepatan, kamu bisa melakukannya dengan diiringi metronome.
untuk lebih jelasnya lagi, silahkan lihat video di bawah ini
Selamat Berlatih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar